Minggu, 04 Oktober 2009

Perbanyak Minum, Cegah Kambuh


Mengingat kekambuahan yang begitu tinggi maka upayah mencengah kekambuhan sangat penting. Beberapa macam cara untuk mengurangi kekambuan tersebut oleh dr Ikhsan, diantaranya :



Ø HIDRASI


Dengan minum banyak terjadi pengenceran urine sehingga tidak terjadi super saturasi, selain itu dengan banyak minum akan sering kencing, dan dengan demikian akan mengurangi terbentuknya Batu Saluran Kemih (BSK).

Yang dimaksud dengan banyak minum ada beberapa pengertian yaitu ada yang menghhitung minum 1 gelas (250 ml) air tiap 4 jam ditambah 1 gelas pula tiap habis makan, ada pula yang menganggap 2,5-3 liter per hari. Tetapi yang lebih dianut lebih dari 2000 ml per jam.


Ø LAKUKAN DIET


* Diet rendah kalsium

Dahulu diet rendah kalsium sangat penting untuk mencegah batu kambuh, kebutuhan kalsium 600-1200 mg per hari. Makanana yang banyak mengandung kalsium yaitu susu, keju, telur, sarden, dan lain-lain. Bila diet rendah kalsium berlebihan maka kadar kalsium serum akan turun dan merangsang hiperparathiroidea sekunder degan akibat antara lain osteoporosis.

* Diet rendah protein

Protein hewan merupakan “acaid-ash food” yang menyebabkan PH urine rendah, hiperkalsium dan hiperurikosuria. Selain itu dalam protein hewan terkandung banyak oksalat, sehingga kadar oksalat urine pun naik dan menurunkan kadar sitrat urine . kebutuhan nyata protein adalah 600 mg/kg BB.

* Diet tinggi sitrat

Sitrat adalah inhibitor terpenting untuk mencegah terbentuknya batu kalsium. Sitrat ini terdapat banyak didalam buah-buahan terutama golongan jeruk. Karena itu jeruk penting untuk meningkatkan kadar sitrat dan menaikkan PH urine sehingga memperkecil kekambuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar